Rabu, 09 September 2015

E-Government



                Seiring perkembangan zaman pada era modern ini, pengetahuan dan teknologi pun berkembang pesat dimana setiap hari selalu melahirkan ilmu-ilmu dan teknologi baru yang semakin canggih. Dalam hal ini, pemerintah yang masih menerapkan kinerja tradisional juga mulai beralih pada era digital yang diharapkan dapat memudahkan dalam kegiatan pemerintahan agar menjadi lebih efisien dalam operasional dan pemunuhan kebutuhan pelayanan masyarakat.


                E-government solusi yang tepat dalam bidang teknologi untuk mewujudkan pemerintahan yang lebih baik. Masyarakat dapat memperoleh informasi dengan mudah melalui fasilitas yang disediakan oleh pemerintah, dan bahkan masyarakat dapat melakukan interaksi interaktif dengan komponen masyarakat, pemerintah dan pihak swasta. Selain itu e-government menyediakan fasilitas on-line untuk memberikan informasi publik kepada masyarakat dan sekaligus memberikan layanan interaktif seperti dalam penyusunan kebijakan publik, sosialisasi program pemerintah dan sampai pada pelayanan pembayaran kewajiban pajak dari masyarakat.
Adapun empat model penyampaian E-Government, antara lain :

a.  Government-to-Citizen atau Government-to-Customer (G2C) adalah penyampaian layanan pemerintah dan informasi dari pemerintah kepada masyarakat secara satu arah.

b. Government-to-Business (G2B) adalah transaksi-transaksi elektronik dimana pemerintah menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan bagi kalangan bisnis untuk bertransaksi dengan pemerintah.Mengarah kepada pemasaran produk dan jasa ke pemerintah untuk membantu pemerintah menjadi lebih efisien melalui peningkatan proses bisnis dan manajemen data elektronik.

c.  Government-to-Government (G2G) adalah komunikasi dan pertukaran informasi online antar departemen atau lembaga pemerintahan melalui basisdata terintegrasi.

d. Government-to-Employee(G2E) adalah diperuntukkan untuk meningkatkan kinerja dan kesejahteraan para pegawai negeri atau karyawan pemerintahan yang bekerja di sejumlah institusi sebagai pelayan masyarakat.


Berikut contoh aplikasi e-government :
  • ·    Situs pendaftaran haji Departemen Agama untuk masyarakat yang hendak melangsungkan ibadah haji
  • ·    Pendaftaran Tenaga Kerja Indonesia dari Departemen Tenaga Kerja
  •      Aplikasi pajak berbasis web untuk menghitung besarnya pajak yang harus dibayarkan ke pemerintah dan melakukan pembayaran melalui internet
  •       Sistem informasi bidang hak cipta untuk melindungi karya-karya tertentu dalam mendapatkan hak cipta.

Manajemen Informatika 50
Institut Pertanian Bogor

Referensi 
         http://candra-zulisman.blogspot.com/2014/11/e-government-pengertian-manfaat-model.html
         http://daffyghani.blogspot.com/2014/11/pengertian-e-government-dan-penjelasan.html
         Academy-Module3-BahasaID-web.pdf




11 komentar:

  1. Terima kasih informasinya, untuk kelebihan dan kekurangan dr egovernment apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kelebihan dari e-government ini yaitu membentuk jaringan informasi dan transaksi pelayanan publik yang berkualitas cepat dan terjangkau oleh masyarakat luas, menyediakan fasilitas dialog publik, memberikan layanan yang lebih baik pada masyarakat dan pelaksaan pemerintah akan berjalan lebih efisien karena koordinasi pemerintah dapat dilakukan melalui pemanfaatan teknologi informasi. Sedangkan untuk kekurangannya yaitu terbatasnya jumlah server dan sedikitnya software berlisensi karena mahal, sumber daya manusia yang handal di bidang TI kurang, belum terintegrasinya database dan sistem aplikasi secara menyeluruh,Infrastruktur belum memadai serta tempat akses yang terbatas.

      Sebelumnya terimakasih telah mengunjungi blog saya :)

      Hapus
  2. Terimakasih untuk informasinya, saya ingin bertanya bagaimana perkembangan e-goverment di Indonesia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya perkembangan e-government di indonesia sudah mulai cukup baik, terbukti dengan adanya banyak sistem informasi pemerintahan yang memudahkan masyarakat dalam mencari informasi pelayanan masyarakat. namun dalam praktknya ada beberapa kendala yang menurut saya membuat e-government ini menjadi kurang tersampaikan kepada masyarakat yaitu tempat akses yang terbatas dan kurangnya sumberdaya dibidang TI.

      Terimakasih telah mengunjungi blog saya :)

      Hapus
  3. terimakasih infonya.. walaupun e-gov dalam perkembangannya sangat membantu tetapi masih tetap diperlukan adanya kerjasama yang baik antara pemerintah dengan warganya, sehingga manfaat e-gov lebih bisa dirasakan

    BalasHapus
  4. terimakasih atas infonya, saya mau tanya bagaimana menurut anda tentang pengetahuan masyarakat sendiri tentang e-gov dan e-business??

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya e-government dan e-bussiness sudah cukup tersebar di masyarakat. namun tidak merata pada semua daerah dapat merasakannya dikarenakan kendala seperti fasilitas yang masih belum memadai di beberapa daerah

      Terimakasih telah mengunjungi blog saya

      Hapus
  5. Terimakasih atas infonya , tetapi saya mau tanya apakah pengetahuan tentang e-gov sudah banyak di ketahui olah warga indonesia ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mbak ima,mungkin itu jawabannya bisa dilihat di balasan komentar sebelumnya.
      Terimakasih telah mengunjungi blog saya :)

      Hapus
  6. Bisa diberi contoh dari masing masing empat model E-Government?

    BalasHapus
  7. penjelasan anda sudah cukup jelas tetang contoh dari e-government itu sendiri.

    BalasHapus